ULASAN 2 : Public key cryptography - Diffie-Hellman Key Exchange (full version)

Pada postingan ulasan kedua ini mengacu pada video dari situs YouTube di tautan berikut https://youtu.be/YEBfamv-_do dengan judul "Public key cryptography - Diffie-Hellman Key Exchange (full version)". Video ini, di-publish oleh kanal  Art of the Problem pada tanggal 30 Juli 2012 dengan durasi 8 menit 37 detik. Sampai postingan ini dibuat, video tersebut sudah ditonton sebanyak 494,566 kali.

Video ini memberikan gambaran bagaimana suatu informasi dapat dirahasiakan sehingga pihak ketiga  yaitu pihak selain dua pihak yang berkepentingan memperoleh informasi tersebut akan sulit untuk menerjemahkannya. Video ini juga mencontohkan bagaimana pembentukan public key dan penggunaan private number dalam sebuah komunikasi informasi antar dua pihak. Merahasiakan informasi tersebut menggunakan fungsi modulo yang disepakati bersama sebagai sebuah public key dan pihak yang berkomunikasi menentukan private number masing-masing yang dikirim setelah melalui fungsi modulo (public key). Dengan begitu pihak ketiga hanya akan mengetahui hasil private number setelah dimasukkan ke fungsi public key tersebut.

Menurut saya, video berjudul Public key cryptography - Diffie-Hellman Key Exchange (full version) ini memberikan informasi mengenai bagaimana proses kriptografi (cryptography) dilakukan dengan memanfaatkan public key. Pada awal video disuguhkan tayangan yang informatif serta adanya penggambaran secara sederhana tentang kriptografi membantu kita untuk memahaminya lebih mudah. Informasi penting memang sebaiknya perlu "disamarkan" sebelum dikirim ke pihak yang ingin menerimanya. Hal tersebut bertujuan agar tidak adanya pencurian informasi dari pihak lain yang tidak berkepentingan.

Github Account : mfauzanf
URL Ulasan: https://mfauzanfikri.blogspot.co.id/2017/11/ulasan-2-public-key-cryptography-diffie.html
URL Video : https://youtu.be/YEBfamv-_do  (8 menit 37 detik)
Video Author : Art of the Problem
Pemetaan Konten : week02
Revisi Pertama : 24 November 2017
Revisi Terakhir : 25 November 2017

Comments

Popular Posts